Langkah Perawatan Dan Pemanenan Tanaman Asparagus

shutterstock_133571717-846x475-650x364

Langkah Perawatan Dan Pemanenan Tanaman Asparagus  – Asparagus adalah satu diantara tanaman yang kurang suka pada air. Oleh karenanya, saat musim hujan baiknya parit butuh diperdalam lagi supaya dapat menyimpan air dalam jumlah yang semakin banyak.

Hal yang paling mesti di perhatikan yang lain yaitu pemangkasan tanaman. Sistem ini berperan untuk merangsang tanaman supaya tumbuh makin maksimal dengan buang batang-batang yang tumbuh lambat serta berpenyakit. Pemangkasan dikerjakan pada tanaman yang sudah mempunyai 8-10 batang dengan tersisa 3-5 batang saja.

Sistem pemupukan lagi pada tempat asparagus bisa dibedakan jadi 2 jenis yakni pemupukan susulan serta pemupukan berkala. Pemupukan susulan dikerjakan dengan memakai pupuk organik untuk menyuburkan keadaan tempat penanaman tiap-tiap 3 bln. sekali. Sedang pemupukan berkala dikerjakan satu tahun sekali yaitu ketika fase istirahat, memakai gabungan dari pupuk kandang, pupuk urea, pupuk TSP, serta pupuk KCL dengan perbandingan 100 : 3 : 3 : 2. Pupuk diberikan lewat cara menguburkannya kedalam parit sedalam 15 cm yang berjarak 20 cm dari tanaman paling utama.

Langkah V : Sistem Mencegah Hama serta Penyakit

Hama untuk tanaman asparagus yakni ulat tanah serta ulat grayak yang banyak menyerang di musim kemarau. Sedang penyakit-penyakit yang bisa mengganggu tanaman ini biasanya disebabkan oleh jamur. Oleh karenanya, untuk memberantasnya kamu butuh menyemprotkan pestisida dengan cara berkala.

Langkah VI : Sistem Pemanenan Asparagus

Pada intinya, pemanenan step awal tanaman asparagus bisa dikerjakan sesudah usianya meraih 4-5 bln. mulai sejak penanaman di tempat budidaya. Sistem pemanenan dikerjakan dengan memotong batang tanaman-tanaman asparagus untuk di ambil sisi batang muda serta tunasnya. Pangkal batang tanaman tetaplah dilewatkan tumbuh di tempat supaya bisa dipanen kembali.

Pemanenan ke-2 bisa dikerjakan sesudah umur tanaman asparagus kian lebih 5 bln. lewat cara serta cara yang sama. Pemanenan step ke-2 ini dapat dikerjakan tiap-tiap 2 hari sekali pada tanaman-tanaman yang sudah layak panen. Sistem pemanenan step ketiga dan sebagainya dikerjakan saat tanaman berumur kian lebih 6 bln., dimana batang-batang tanaman asparagus dapat dipanen sehari-hari.

Sumber Dari : http://berkebun.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s